Articles

YANG ANDA HARUS KETAHUI TENTANG AKSES BROADBAND INTERNET

APA ITU BROADBAND?

BROADBAND adalah istilah umum untuk koneksi yang sangat cepat ke Internet. Ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh hiburan online seperti klip video dan musik, mendengarkan radio digital, mengirim email lebih cepat dan mempercepat semua yang mereka lakukan online.

Layanan broadband dapat mengirimkan informasi hingga 40 kali kecepatan koneksi modem dial-up. Karena koneksi selalu menyala, seperti air atau listrik, pengguna tidak perlu melakukan panggilan setiap kali mereka ingin masuk.

Broadband ADSL juga memungkinkan orang menjelajahi internet dan menggunakan telepon pada saat bersamaan.

Broadband merevolusi aktivitas online di mana-mana untuk bisnis, hiburan, dan layanan publik. Kecepatan lebih cepat hingga 160 kali koneksi dial-up akan menghadirkan layanan baru, termasuk internet-TV dan video on demand, di seluruh rumah, bisnis, dan kehidupan publik.

Daftar Isi
- Internet cepat
- Jenis broadband
- ISDN
- DSL
- Kabel
- Satelit
- Nirkabel
- Broadband bisnis
- Alamat IP Statis dan Dinamis

- Berbagi broadband di beberapa PC
- Menjalankan server di komputer Anda
- Rencana cadangan
- Keamanan
- Pertanyaan untuk ditanyakan kepada ISP
- Glosarium

INTERNET CEPAT
Bagi sebagian besar dari mereka yang mencari untuk meng-upgrade ke Internet broadband untuk bisnis atau rumah, itu semua tentang kecepatan ekstra.
Secara umum, istilah broadband mengacu pada transmisi Internet berkecepatan tinggi (biasanya 256 Kbps ke atas) yang menampilkan koneksi permanen. Kini hadir dalam berbagai paket koneksi berkecepatan tinggi di berbagai layanan akses, broadband berjanji untuk melepaskan pendahulunya dari analog dial-up untuk mengunduh gambar dan gambar konten multimedia, video, permainan jaringan, dan streaming musik.
Ada tiga cara untuk online dengan broadband - melalui kotak kabel TV Anda, satelit Anda atau melalui saluran telepon Anda. Jika Anda memiliki TV kabel, ini adalah pilihan yang mudah, tetapi jenis akses broadband yang paling umum adalah saluran telepon rumah yang ditingkatkan yang disebut ADSL (Asymmetrical Digital Subscriber Line). ADSL selalu terhubung sehingga tidak perlu dihubungi setiap kali, dan Anda dapat membuat panggilan telepon pada saluran yang sama saat sedang digunakan. Ini memerlukan dua biaya - modem broadband khusus, dan peningkatan untuk saluran telepon Anda. Sangat mudah untuk menghindari membayar untuk ini, bagaimanapun - perusahaan telepon broadband putus asa untuk mendaftar pelanggan, sehingga bundel semua termasuk di mana biaya start-up dibayar adalah umum.

Selalu terhubung
Lebih dari sekadar manfaat praktis dari koneksi yang lebih cepat, broadband juga dapat mengubah cara Anda mendekati menggunakan Internet. Dengan koneksi dial-up, Anda dapat menganggapnya sebagai gangguan untuk sering masuk untuk mencari barang-barang kecil secara online - misalnya, menggunakan Halaman Kuning untuk menemukan nomor telepon. Sebaliknya, jika Anda memiliki koneksi yang selalu aktif dan cepat, tugas-tugas ini dapat diselesaikan dengan cepat, dengan sedikit keributan. Ini mungkin tampak contoh sepele, tetapi ini menunjukkan perubahan ke pendekatan yang lebih kasual untuk penggunaan Internet.

Faktor Harga

Mengingat bahwa layanan broadband sering disebut-sebut sebagai lebih mahal - ada juga masalah harga. Singkatnya, broadband lebih mahal daripada dial-up.

Namun, dengan begitu banyak paket di luar sana saat ini banyak paket broadband cukup sebanding dengan layanan dial-up. Jika Anda adalah pengguna dial-up yang sering, ini sama dengan banyak panggilan telepon selama sebulan. Setelah Anda memperhitungkan biaya panggilan lokal setiap kali Anda melakukan dial-up, ditambah biaya paket bulanan Anda, akun 56Kbps Anda mungkin tampaknya tidak semurah itu. Jika Anda memilih saluran telepon kedua khusus, Anda juga akan membayar biaya sewa saluran tambahan. Bandingkan ini dengan paket ADSL $ 50-70 yang sekarang tersedia dan Anda dapat mulai melihat potensi ekonomi dari layanan broadband ke mitra dial-up mereka.

Dengan koneksi modem ADSL atau kabel, misalnya, Anda dapat menjelajahi Web tanpa mengikat saluran telepon Anda - plus, koneksi tersebut berpotensi dibagi di antara PC lain di rumah Anda. ADSL, modem kabel, layanan satelit dan nirkabel umumnya lebih mahal untuk pemasangan, tetapi seperti yang akan Anda lihat dari panduan pembelian ini, ada berbagai cara untuk mengurangi biaya pemasangan layanan juga.

Jenis broadband

Salah satu keputusan pertama yang harus dibuat adalah koneksi seperti apa yang Anda inginkan. Ada beberapa opsi untuk mengatur layanan berkecepatan tinggi, yang semuanya berada di bawah payung broadband. Namun, jenis layanan broadband yang Anda butuhkan dan memiliki akses akan ditentukan oleh persyaratan kecepatan, anggaran, dan lokasi (kota atau regional) rumah atau kantor Anda.

ISDN

Sebelum munculnya DSL tidak ada banyak solusi berkecepatan tinggi untuk rumah atau kantor. Salah satunya adalah ISDN (jaringan digital layanan terpadu) yang merupakan layanan simetris dial-up yang memungkinkan kecepatan dari 64Kbps hingga 128Kbps. Saluran ISDN khusus dapat mencapai hingga 256Kbps. Masalah dengan ISDN adalah bahwa itu sangat mahal, terutama mengingat harga broadband saat ini tersedia saat ini. Juga tidak secepat kabel atau DSL.
DSL
Jaringan telepon tidak pernah dimaksudkan untuk membawa data dengan kecepatan tinggi; mereka awalnya dibangun untuk membawa suara analog dengan mengubah suara Anda menjadi sinyal listrik. Modem mengubah sinyal digital menjadi sinyal audio analog yang dapat dengan mudah dibawa melalui saluran telepon. Keterbatasan teknis saluran telepon berarti bahwa mereka dapat membawa sinyal tercepat adalah sekitar 56Kbps.

Teknologi DSL (digital subscriber line) mengatasi masalah ini dengan menggunakan saluran telepon untuk membawa sinyal digital secara langsung, tanpa mengubahnya terlebih dahulu menjadi sinyal analog. Ini memiliki tiga keuntungan: ini memungkinkan kecepatan data yang jauh lebih tinggi daripada modem biasa; koneksi selalu aktif, yang berarti Anda tidak perlu melakukan dial-up setiap kali Anda ingin menggunakan Internet (dan dikenai biaya lain); dan, karena kawat tembaga terbelah di bursa, Anda dapat menggunakan telepon rumah saat di Internet. ADSL meninggalkan spektrum frekuensi antara 0kHz dan 4kHz gratis untuk layanan telepon Anda dan menggunakan 20kHz hingga 2.2MHz untuk transfer data melalui jalur tembaga. Dengan kata lain, satu saluran telepon sudah cukup.
Ada berbagai jenis DSL, tetapi yang paling mudah tersedia bagi konsumen dan usaha kecil adalah Asymmetric Digital Subscriber Line, atau ADSL. Istilah asimetris berarti bahwa layanan memiliki kecepatan bandwidth downstream yang jauh lebih tinggi daripada bandwidth upstream (downstream mengacu pada transmisi dari jaringan ke pengguna, dan "upstream" berada di arah lain).

Modem ADSL

ADSL ditambahkan ke saluran telepon analog yang ada dengan cara yang sama dengan layanan seperti panggilan tunggu ditambahkan ke layanan telepon yang ada, bersama dengan modem khusus. Modem dihubungkan ke komputer Anda melalui koneksi Ethernet atau USB (tergantung pada jenis modem), dan dalam hal menghubungkan melalui Ethernet, kartu jaringan akan diperlukan.
Agar koneksi ADSL berfungsi, telepon Anda harus terhubung langsung ke pertukaran telepon dengan koneksi kabel tembaga, dan Anda harus hidup dalam radius 5 km ke pertukaran. Jarak itu bukan masalah bagi sebagian besar penduduk kota, tetapi jauh lebih banyak masalah bagi penduduk pedesaan. Plus, jika ada bagian koneksi yang digital, misalnya melalui switchboard, ADSL tidak akan berfungsi. Untuk orang-orang dalam bisnis dengan PABX, ingat bahwa sebagian besar saluran faks tidak terhubung melalui sakelar, dan mungkin tidak cocok untuk ADSL.
Perusahaan telepon perlu menginstal peralatan khusus di sentral telepon untuk menangani koneksi ADSL. Anda tidak perlu tahu banyak tentang hal-hal ini kecuali mereka memiliki nama-nama aneh seperti BRAS atau DSLAM (DSL access multiplexor) yang pada dasarnya mengubah sinyal tembaga menjadi tulang punggung fiber ATM telekom utama ATM.
Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda memenuhi syarat untuk ADSL adalah untuk memeriksa dengan penyedia layanan. Beberapa ISP sekarang menawarkan layanan di situs Web mereka yang dapat memberi tahu Anda jika kabel tembaga di sekitar area Anda cocok untuk layanan DSL. Menurut survei, sekitar 70 persen kabel tembaga di seluruh dunia memiliki kemampuan DSL.
ADSL biasanya tersedia untuk konsumen dalam kisaran kecepatan berikut:
* 256Kbps downstream / 64Kbps upstream
* 512 Kbps downstream / 128Kbps upstream
* 1500Kbps downstream / 256Kbps upstream
Sementara ADSL dapat mencapai kecepatan hingga delapan hingga 10Mbps selama panjang tembaga pendek, hampir tidak pernah berjalan pada kecepatan ini. Sebagian besar operator membatasi layanan pada kecepatan 1,5Mbps. Ini karena hanya beberapa pelanggan dalam jarak dekat dengan pertukaran yang dapat memperoleh kecepatan data yang lebih tinggi ini. Jadi, untuk menghindari mendukung pengguna yang secara geografis dekat dengan bursa, operator memilih untuk menawarkan kecepatan yang sama untuk semua pengguna.
Layanan DSL lain yang tersedia yang ditargetkan pada UKM dan pasar bisnis yang lebih besar termasuk SDSL (DSL simetris, yang pada dasarnya menyediakan pengguna dengan kecepatan hulu dan hilir yang sama hingga 2,3Mbps), dan HDSL atau DSL kecepatan bit tinggi. HDSL, salah satu bentuk broadband paling awal, sebagian besar adalah layanan kelas bisnis yang digunakan untuk transmisi digital pita lebar di dalam situs perusahaan dan antara perusahaan telepon dan pelanggan. Seperti SDSL, HDSL adalah layanan simetris dan menawarkan kecepatan hingga 1,5Mbps. Kedua layanan simetris ini ditargetkan untuk bisnis yang memerlukan tingkat kecepatan hulu yang lebih tinggi, untuk melakukan aplikasi seperti Web hosting dan telekonferensi (lebih lanjut tentang ini nanti).
Teknologi broadband lainnya yang sedang berkembang adalah DSL data rate Sangat Tinggi, atau VDSL. VDSL berjanji untuk menawarkan kecepatan hingga 50Mbps untuk saluran hingga 300 meter dan berjalan pada pasangan tembaga tunggal yang ada. Ada dua standar bersaing VDSL: satu yang menggunakan teknologi yang sama seperti ADSL dan pada dasarnya menambahkan frekuensi tambahan ke frekuensi ADSL standar; dan yang kedua yang menggunakan skema pengkodean yang sama sekali berbeda.
Sayangnya, VDSL adalah teknologi yang sangat mahal untuk dikirim dan tidak mungkin digunakan dalam skala luas karena sebagian besar pelanggan tidak akan cukup dekat dengan bursa.
Sementara VDSL memiliki kemungkinan throughput yang jauh lebih tinggi daripada ADSL, itu tidak benar-benar membantu dalam memperluas jangkauan melalui ADSL. Di mana kemungkinan akan digunakan adalah dalam lingkungan di mana pelanggan dekat dengan titik penghentian dan layanan seperti video yang membutuhkan lebih dari 7Mpbs sedang dikirim.
Kabel
Jaringan serat yang membawa Anda TV kabel di rumah dapat menjadi lebih dari sekadar tambahan untuk opsi menonton Anda - ini juga bisa menjadi sarana Anda untuk akses internet yang cepat.

Jaringan HFC (hybrid fiber-coaxial) yang digunakan untuk membawa gambar TV kabel juga mampu membawa data dengan kecepatan yang sangat tinggi. Sinyal TV kabel saat ini tidak mengambil semua bandwidth yang tersedia, karena jaringan kabel ini dirancang untuk membawa sinyal TV digital, daripada sinyal analog saat ini - dan bandwidth cadangan ini juga dapat digunakan untuk membawa data Internet.

Namun, orang yang tinggal di blok apartemen atau apartemen mungkin menghadapi kesulitan tambahan. Jika kabel belum terpasang di gedung Anda, pemasangannya membutuhkan kerja sama dengan badan perusahaan atau pengelola gedung.

Bahkan di gedung-gedung di mana kabel sudah terpasang, tergantung pada jenis peralatan di tempat di gedung Anda, Anda mungkin tidak dapat menggunakan kabel sebagai koneksi Internet.

Tidak seperti DSL, layanan kabel "dibagikan". Ini berarti semua pelanggan pada lingkungan atau simpul tertentu [titik koneksi] berbagi jumlah bandwidth yang tetap. Secara teori, semakin banyak orang terhubung ke sebuah simpul, semakin lambat waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh informasi dari Internet. Dengan kata lain, sebuah simpul yang diakses oleh hanya 250 orang umumnya akan memberikan layanan yang lebih cepat daripada satu simpul dengan 2.000 pengguna.

Perusahaan kabel punya trik untuk mengatasi ini. Salah satu trik operator kabel adalah untuk skala jaringannya (di mana lebih banyak titik koneksi ditambahkan) agar sesuai dengan jumlah pelanggan di area tertentu dari jaringan. Menambahkan lebih banyak titik koneksi berarti mereka dapat menyeimbangkan kembali jaringan sehingga pelanggan di semua area jaringan menerima tingkat kinerja yang sama. Penskalaan jaringan juga dikenal sebagai "Node Grooming" dan perusahaan-perusahaan kabel mengatakan mereka melaksanakan calon pengantin pria secara teratur.

Setelah kabel terpasang, Anda akan memerlukan modem kabel untuk bisa terhubung. Ini menghubungkan di satu ujung ke kabel, dan di ujung lain ke PC Anda, baik melalui koneksi Ethernet atau USB. Modem kabel dapat mentransfer data pada kecepatan teoritis hingga 3Mbps. Namun, karena kabel adalah media bersama dengan banyak pengguna lain pada jalur yang sama, kinerja bervariasi dengan jumlah pelanggan yang menggunakan rentang bandwidth tertentu, serta pola penggunaan.

Sebagian besar modem kabel menggunakan koneksi Ethernet, dan perusahaan kabel akan dengan senang hati menjual kartu jaringan kepada Anda sebagai bagian dari instalasi jika Anda belum memilikinya. (Bahkan, mereka lebih suka Anda menggunakan kartu yang mereka jual kepada Anda, karena mereka tahu itu bekerja dengan baik dengan modem, meskipun - secara teori - modem harus bekerja dengan kartu apa pun.) Ketika koneksi kabel dipasang, teknisi akan juga memuat perangkat lunak yang diperlukan pada PC Anda. Perangkat lunak tersedia untuk semua versi Windows dan untuk Mac OS, tetapi tidak semua penyedia memiliki perangkat lunak Mac, jadi ada baiknya memeriksa sebelum Anda memesan. Walaupun tidak ada dukungan resmi, secara teori dimungkinkan untuk terhubung di Linux.

Sebagian besar modem kabel menggunakan koneksi Ethernet, dan perusahaan kabel akan dengan senang hati menjual kartu jaringan kepada Anda sebagai bagian dari instalasi jika Anda belum memilikinya. (Bahkan, mereka lebih suka Anda menggunakan kartu yang mereka jual kepada Anda, karena mereka tahu itu bekerja dengan baik dengan modem, meskipun - secara teori - modem harus bekerja dengan kartu apa pun.) Ketika koneksi kabel dipasang, teknisi akan juga memuat perangkat lunak yang diperlukan pada PC Anda. Perangkat lunak tersedia untuk semua versi Windows dan untuk Mac OS, tetapi tidak semua penyedia memiliki perangkat lunak Mac, jadi ada baiknya memeriksa sebelum Anda memesan. Meskipun tidak ada dukungan resmi, dimungkinkan untuk terhubung di Linux.

Banyak operator menggunakan modem kabel yang sesuai dengan standar DOCSIS (Spesifikasi Antarmuka Layanan Kabel Data), yang merupakan standar paling umum digunakan di seluruh dunia. DOCSIS adalah standar terbuka, dan setiap produsen dapat membuat modem yang mendukungnya.

Kecepatan pengunduhan kabel sangat cepat, tetapi, seperti biasa, ini bisa sangat bergantung pada sumber dari mana file sedang diunduh. Waktu ping juga sangat cepat, yang merupakan keuntungan untuk game online. Namun, seperti halnya dengan Internet lainnya, kinerja bervariasi tergantung pada waktu hari dan beberapa faktor lain, seperti jumlah pelanggan pada untai bandwidth spesifik.

Satelit

Satelit sering disebut-sebut sebagai alternatif untuk akses sambungan tetap seperti kabel atau ADSL, tetapi memang memiliki keterbatasan dan belum menawarkan jenis kecepatan data yang sama. Meskipun demikian, satelit telah berhasil menyediakan layanan Internet yang jauh lebih cepat dan sering lebih dapat diandalkan, terutama di daerah pedesaan dan regional, daripada jaringan telepon sistem publik standar.

Ada dua jenis layanan satelit yang dapat Anda gunakan: asinkron dan sinkron. Mirip dengan layanan DSL asimetris, asinkron berarti ada kecepatan yang berbeda untuk lalu lintas hulu dan hilir (sekali lagi, hilir lebih cepat daripada hulu).

Layanan satelit sinkron di sisi lain, memiliki kecepatan yang sama untuk hulu seperti untuk hilir, yang membuatnya lebih cocok untuk layanan yang sangat dipengaruhi oleh penundaan, seperti streaming video dan audio.

Secara umum teknologi satelit ini bekerja pada satu dari dua prinsip:

- Data diunduh dari satelit ke stasiun pangkalan terestrial dan dari stasiun pangkalan ke konsumen melalui tautan microwave. Konsumen memerlukan antena penerima atau antena dan modem telepon standar untuk mengunggah data ke stasiun pangkalan dan dari sana ke satelit.

- Data diunduh langsung ke parabola konsumen tetapi modem telepon masih diperlukan untuk mengunggah data ke stasiun pangkalan terestrial dan ke satelit.

Kecepatan pengunduhan data untuk sistem konsumen biasanya berkisar dari 64Kbps hingga 400Kbps, dengan kecepatan transfer unggahan dibatasi hingga maksimum 33Kbps dari setiap modem 33Kbps atau 56Kbps. Sistem perusahaan yang lebih mahal bisa mencapai 2Mbps. Kecepatan dapat dipengaruhi oleh volume lalu lintas dan bahkan cuaca buruk, dan biaya bervariasi tergantung pada operator.

Layanan 2 arah

Namun, perkembangan teknologi satelit baru-baru ini telah membuka jalan bagi peluncuran layanan satelit broadband. Layanan ini menghubungkan pengguna ke Internet melalui koneksi satelit 2 arah.

Layanan 2 arah menjanjikan kecepatan unduh pengguna hingga 512Kbps, dan kecepatan unggah 64Kbps atau 128Kbps. Berbeda dengan layanan satelit 1 arah yang disebutkan di atas, layanan 2 arah juga memberikan pengguna koneksi "selalu aktif" ke Internet karena tidak lagi memerlukan modem dial-up yang terhubung ke saluran telepon untuk mengunggah data. Sebaliknya, informasi yang dipertukarkan antara satelit, piringan dan peralatan satelit Anda dikodekan dan didekodekan dengan aman oleh modem satelit khusus yang terpasang pada PC Anda.

Karena 2-arah menggunakan satelit yang berbeda untuk mengirimkan layanan Internet dan membutuhkan perangkat keras yang berbeda untuk beroperasi, pengguna dengan peralatan 1-arah yang ada tidak akan dapat meningkatkan ke produk 2-arah yang baru.

Sekali lagi, seperti ADSL atau kabel, layanan satelit 2 arah telah dirancang untuk hanya mendukung koneksi komputer tunggal.

Nirkabel

Layanan broadband nirkabel berpusat di sekitar standar IEEE 802.11.

Lucent Technologies, Nortel Networks dan Symbol Technologies bekerja dengan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE; www.iee.org) untuk membuat spesifikasi IEEE 802.11 untuk digunakan dengan jaringan area nirkabel. Saat ini ada empat spesifikasi dalam keluarga: 802.11, 802.11a, 802.11b, dan 802.11g.

Yang paling banyak digunakan saat ini adalah 802.11b (sering disebut Wi-Fi), yang beroperasi pada spektrum 2.4GHz publik dan mampu kecepatan data hingga 11Mbps pada rentang hingga 150m.

Sistem khusus data ini menggunakan stasiun pangkalan kecil yang terhubung ke jaringan kabel atau ke Internet dan mentransmisikan data secara nirkabel ke beberapa workstation, yang dapat berupa desktop, laptop, atau bahkan PC genggam. Setiap stasiun pangkalan dapat melayani beberapa pengguna yang dilengkapi dengan kartu penerima nirkabel di komputer mereka, dan stasiun pangkalan dapat tumpang tindih untuk memungkinkan beberapa ratus pengguna mengakses jaringan atau Internet.

Tetapi sementara 802.11b telah mendapatkan popularitas layanan nirkabel terbesar, sertifikasi Wi-Fi5 atau 802.11a pertama untuk titik akses dan kartu LAN nirkabel dikeluarkan pada Oktober 2002. 802.11a
menggunakan waveband 5GHz dan menjanjikan kecepatan hingga 54Mbps, tetapi tidak dapat dioperasikan dengan 802.11b.


Bisnis dan Akses Broadband Rumah
Perbedaan utama antara pelanggan broadband perumahan dan UKM / SOHO adalah kriteria yang mereka gunakan untuk memilih layanan mereka. Untuk pengguna UKM / SOHO, kinerja dan harga akan menjadi bahan utama dalam memilih layanan broadband, serta dukungan untuk layanan bernilai tambah seperti VPN. Paket harga tetap versus volume tetap juga berperan untuk bisnis besar atau kecil. Bagi konsumen, ini semua tentang harga dan nilai.

Bagi mereka yang berencana untuk menggunakan layanan broadband di lingkungan bisnis, ada beberapa pembeda yang harus diwaspadai, terutama di ruang DSL. Layanan DSL bisnis misalnya, dapat mencakup dukungan untuk banyak pengguna dan konfigurasi jaringan yang disesuaikan, dukungan teknis tambahan dan tingkat kinerja jaringan yang lebih tinggi.

Alamat IP Statis dan Dinamis

Faktor kunci bagi pengguna bisnis untuk dipertimbangkan adalah opsi alamat IP statis. Untuk memahami mengapa ada dua cara berbeda dalam menetapkan alamat IP, penting untuk mengetahui untuk apa alamat IP tersebut digunakan.

Alamat IP adalah tag penentu yang mengidentifikasi komputer host di Internet. Ini termasuk mengidentifikasi jaringan yang digunakan untuk mengakses Internet, serta komputer host yang mengakses data di seluruh jaringan itu.

Cara yang baik untuk memahami perbedaan antara alamat IP statis dan dinamis adalah dengan membandingkan telepon umum (IP dinamis) dengan telepon rumah Anda (IP statis).

Alamat IP dinamis seperti telepon umum, karena memberikan Anda koneksi sementara ke Internet agar Anda dapat mengunduh informasi. Setelah Anda keluar dari internet (menutup telepon), Anda akan kehilangan alamat IP tertentu (nomor telepon) dan alamat IP akan dilemparkan kembali ke jaringan dan dialokasikan kembali ke pengguna lain. Lain kali Anda masuk ke internet, ISP Anda akan mengalokasikan nomor dari kumpulan angka yang tersedia.

Sebagai perbandingan, alamat IP statis ditetapkan untuk salah satu atau kedua pengirim atau penerima data di Internet (seperti nomor telepon rumah permanen Anda dialokasikan untuk Anda). Dengan IP dinamis, server Web hanya akan dapat menemukan Anda melalui alamat IP itu untuk sesi Internet partkular itu. Jadi, jika Anda ingin mengunggah informasi (mis. Berikan server web alamat IP Anda sehingga mereka dapat menghubungi Anda, seperti dengan email atau hosting situs web Anda sendiri), Anda perlu memastikan layanan apa pun yang Anda daftarkan menyediakan Anda dengan alamat IP statis.

Alamat IP dinamis seperti telepon umum, karena memberikan Anda koneksi sementara ke Internet agar Anda dapat mengunduh informasi. Setelah Anda keluar dari internet (menutup telepon), Anda akan kehilangan alamat IP tertentu (nomor telepon) dan alamat IP akan dilemparkan kembali ke jaringan dan dialokasikan kembali ke pengguna lain. Lain kali Anda masuk ke internet, ISP Anda akan mengalokasikan nomor dari kumpulan angka yang tersedia.

Sebagai perbandingan, alamat IP statis ditetapkan untuk salah satu atau kedua pengirim atau penerima data di Internet (seperti nomor telepon rumah permanen Anda dialokasikan untuk Anda). Dengan IP dinamis, server Web hanya akan dapat menemukan Anda melalui alamat IP itu untuk sesi Internet partkular itu. Jadi, jika Anda ingin mengunggah informasi (mis. Berikan server web alamat IP Anda sehingga mereka dapat menghubungi Anda, seperti dengan email atau hosting situs web Anda sendiri), Anda perlu memastikan layanan apa pun yang Anda daftarkan menyediakan Anda dengan alamat IP statis.

Namun, memiliki koneksi permanen (dengan memberikan server Web lainnya kemampuan untuk menemukan Anda) akan menimbulkan risiko keamanan yang lebih besar, sehingga Anda perlu menerapkan langkah-langkah keamanan, seperti firewall.

Sekitar setengah dari ISP yang saat ini menyediakan layanan perumahan ADSL menawarkan alamat IP statis dengan beberapa paket mereka, tetapi seringkali tarif bulanan akan lebih tinggi daripada yang menawarkan alamat IP dinamis.

Penyedia kabel di pasar perumahan hanya menawarkan alamat IP dinamis.

Berbagi broadband di beberapa PC

Ada beberapa cara untuk berbagi broadband Anda dengan banyak komputer. Ini terbagi dalam dua kategori. Yang pertama adalah opsi berbagi baris yang disediakan oleh ISP. Ini membutuhkan outlet tambahan untuk dipasang di rumah atau kantor Anda untuk setiap PC. Ini adalah solusi sederhana yang tidak memerlukan konfigurasi tambahan, tetapi saat ini hanya tersedia untuk perusahaan kabel tertentu.

Yang kedua melibatkan menjalankan Local Area Network (LAN) di rumah atau kantor Anda. Penting untuk dicatat bahwa meskipun sebagian besar ISP akan memungkinkan Anda untuk menjalankan LAN dari satu titik koneksi pada ADSL atau layanan kabel, mereka tidak akan memberikan dukungan apa pun untuk LAN, dan merekomendasikan Anda berkonsultasi dengan spesialis komunikasi untuk mengaturnya untuk Anda. . Dalam beberapa kasus, ISP mungkin dapat merujuk Anda ke konsultan yang tepat, tetapi ini tergantung pada ISP. Beberapa ISP akan merujuk pelanggan ADSL-nya yang ingin membangun LAN ke konsultan pihak ketiga yang profesional, tetapi yang lain tidak berurusan dengan layanan LAN sama sekali.

Masalah lain dengan pengaturan LAN Anda sendiri adalah menyediakan setiap pengguna dengan akun email mereka sendiri. Jika Anda ingin memiliki beberapa akun pengguna yang termasuk dalam layanan broadband Anda tetapi hanya mendaftar sebagai pengguna individu dengan ISP Anda, Anda mungkin dikenai biaya untuk setiap pengguna tambahan yang Anda perkenalkan. Misalnya, pelanggan yang telah mendaftar ke layanan sebagai pengguna tunggal pada awalnya, harus membayar pengaturan tambahan dan biaya bulanan yang berkelanjutan untuk setiap akun pengguna yang ingin mereka tambahkan ke layanan mereka. Ini berarti bahwa jika Anda ingin memiliki tujuh orang terhubung di LAN Anda dengan alamat email yang berbeda, Anda harus membayar tambahan $ 77 per bulan ($ 11 per akun pengguna per bulan) di atas biaya layanan bulanan Anda untuk mendapatkan akun pengguna tambahan terhubung. Namun, ISP lain tidak memiliki batasan ini pada beberapa akun pengguna. Sebagian besar akan memberikan pelanggan perumahan sebanyak lima akun email pada layanan kabelnya secara gratis.

Jika Anda akan mengatur LAN pada layanan broadband Anda, baik itu kabel atau ADSL, ada tiga cara utama berbagi koneksi antara beberapa PC.

Pertama, Anda dapat menggunakan router perangkat keras, yang bisa dibilang solusi terbaik, meskipun itu juga yang paling mahal. Harga router mulai dari beberapa ratus dolar, dan memungkinkan Anda untuk cukup mencolokkan modem Anda di satu sisi dan PC Anda ke yang lain dan Anda pergi. Mereka menangani proses masuk, berbagi jalur, dan keamanan tanpa masalah yang mengganggu sebagian besar alternatif, yang melibatkan konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak tertentu, serta ketergantungan pada PC server tunggal.

Router DSL Opsi dua adalah menggunakan server proxy, yang merupakan bagian dari perangkat lunak yang berjalan pada PC yang terhubung ke modem. Selain perangkat lunak proksi, Anda akan memerlukan kartu jaringan dan kabel untuk setiap komputer serta hub jaringan. Untuk kabel, ini mengharuskan PC server memiliki dua kartu jaringan - satu untuk modem dan satu untuk LAN. Pengguna ADSL memiliki opsi tambahan untuk menghubungkan modem langsung ke port uplink pada hub (menggunakan kabel crossover khusus).

Setelah perangkat keras Anda disortir, ada banyak paket perangkat lunak server proxy yang tersedia. Banyak di antaranya adalah freeware (seperti AnalogX di www.analogx.com), tetapi sebagian besar tidak memadai jika Anda ingin melakukan lebih dari sekadar menjelajahi Web dan membaca email. Aplikasi yang sesuai untuk digunakan dengan aplikasi lain seperti IRC, game, perpesanan instan, FTP, dan jaringan peer to peer biasanya akan melibatkan konfigurasi dan coba-coba dalam jumlah yang wajar agar dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda memiliki PC lama yang tidak digunakan, mungkin perlu dipertimbangkan untuk menggunakannya sebagai server proxy khusus. Dengan menggunakan perangkat lunak seperti Smoothwall (http://www.smoothwall.org/), Anda dapat dengan cepat dan mudah mengonfigurasinya untuk berjalan sebagai server proxy mandiri tanpa memerlukan lisensi Windows (karena berbasis Linux) atau biaya lainnya , selain dari kartu jaringan.

Manfaat menggunakan server proxy terutama adalah tingkat kontrol yang Anda miliki tentang bagaimana PC di LAN Anda terhubung ke Internet. Kelemahannya adalah bahwa setiap aplikasi Internet pada setiap PC klien harus dikonfigurasi untuk menggunakan proxy. Jika Anda menjalankan Windows 95 atau Anda ingin LAN Anda aman dan tidak terdeteksi, maka proxy mungkin adalah cara terbaik untuk membagikan koneksi Anda. Jika Anda menjalankan versi Windows, atau Linux yang lebih baru, atau PC Anda akan menggunakan aplikasi Internet seperti olahpesan cepat dan game multipemain, maka menggunakan Terjemahan Alamat Jaringan mungkin merupakan opsi yang lebih baik untuk Anda.

Opsi tiga adalah menggunakan Terjemahan Alamat Jaringan (NAT). Ini biasanya dilakukan menggunakan Internet Connection Sharing (ICS) yang dibangun di dalam Windows 98, ME, 2000 dan XP. Pengguna Linux harus mengkonfigurasi ipchains atau menginstal sesuatu seperti freesco (http://www.freesco.org) untuk memanfaatkan berbagi koneksi melalui NAT. Opsi ini transparan bagi pengguna di jaringan Anda karena ini melibatkan setiap komputer yang diberi alamat IP oleh ISP. Jadi jika ISP Anda tidak mengizinkan Anda untuk menggunakan LAN, maka ini sebenarnya bukan pilihan. Manfaat dari NAT adalah hampir tidak memerlukan konfigurasi sama sekali dan memungkinkan Anda untuk menggunakan semua PC Anda seolah-olah mereka terhubung langsung ke modem. Sesuai opsi server proxy, Anda akan memerlukan kartu jaringan dan kabel untuk setiap komputer serta hub jaringan. Anda juga akan memerlukan kartu jaringan tambahan untuk PC server kecuali Anda menggunakan ADSL dan memilih untuk menghubungkan modem ke hub dengan kabel crossover.

Perlu diingat bahwa dari semua opsi yang tersedia, dua opsi terakhir dibatasi oleh fakta bahwa jika komputer yang terhubung ke modem rusak atau dimatikan, koneksi Internet tidak akan tersedia. Jika Anda menggunakan router atau menginstal banyak outlet, maka semua PC Anda online setiap saat, dan tidak ada yang bergantung pada yang lain yang bekerja dengan benar.

Menjalankan server di komputer Anda

Sebagian besar paket broadband tidak memungkinkan Anda untuk menjalankan perangkat lunak server dari komputer yang terhubung ke modem Anda, baik itu Web, FTP, surel atau jenis server lain. Yang biasanya melibatkan server Anda diberi alamat IP statis. Pada dasarnya, ini berarti bahwa lokasi online komputer Anda akan ditentukan sebelumnya. Oleh karena itu, alamat IP statis berguna karena memungkinkannya untuk dipetakan ke nama domain di DNS. Jadi, misalnya, jika Anda ingin menjalankan server Web untuk www.yourname.com.au dari rumah atau kantor Anda, Anda harus memiliki IP statis yang dapat dipetakan ke nama domain tersebut agar dapat terlihat di Internet. Jika Anda belum secara khusus meminta alamat IP dari ISP Anda, maka hampir pasti Anda akan berada pada paket yang secara dinamis memberi Anda IP setiap kali Anda masuk dengan modem Anda.

Meskipun demikian, dimungkinkan untuk memetakan nama domain ke komputer Anda meskipun Anda diberi alamat IP secara dinamis. Nama umum yang diberikan untuk teknik ini adalah Dynamic DNS, atau DDNS. Untuk menggunakan DDNS, Anda perlu menggunakan penyedia layanan seperti dynIP.org atau cjb.net, yang mengharuskan Anda untuk menginstal perangkat lunak klien pada PC Anda. Fungsi dari perangkat lunak ini adalah untuk menyiarkan alamat IP PC Anda ke server DDNS, yang memungkinkan alamat IP Anda untuk berubah tanpa nama domain Anda yang tampaknya menghilang dari Internet.

Jika Anda menjalankan perangkat lunak akses jarak jauh seperti pcAnywhere atau VNC, maka layanan DNS dinamis seperti yang disebutkan mungkin cukup berguna jika Anda ingin mengakses desktop Anda dari Internet.

Rencana cadangan

Meskipun operator broadband memiliki skema untuk mengembalikan klien Internet mereka untuk pemadaman jaringan, ini tidak menyelesaikan masalah apa yang harus dilakukan ketika koneksi broadband Anda turun. Jadi, jika Anda pindah dari modem dialup biasa, saran kami adalah jangan mencopot pemasangannya. Kemungkinannya akan sangat berguna ketika Anda perlu mengirim e-mail atau menggunakan Web tetapi Anda tidak dapat terhubung karena jaringan ADSL sedang down. Ingat, DSL masih merupakan teknologi yang baru dipasang untuk beberapa operator mungkin memiliki beberapa hambatan selama fase peluncuran awal mereka.

Jika Anda menggunakan modem untuk mengirim dan menerima faks, ingatlah bahwa broadband tidak akan menggantikan fungsi khusus ini sama sekali. Jika Anda memiliki saluran telepon kedua yang didedikasikan untuk modem, maka Anda mungkin dapat membenarkan membuangnya dan berbagi satu saluran untuk telepon dan modem.

Rencana cadangan yang baik untuk saat-saat ketika layanan broadband Anda turun mungkin untuk menemukan ISP yang menawarkan akun dialup prabayar. Dengan cara ini Anda tidak dikunci ke dalam biaya bulanan untuk layanan yang jarang Anda butuhkan, tetapi ketika Anda melakukannya, Anda hanya membayar apa yang Anda gunakan.

Keamanan

Setiap kali Anda mengakses Internet, Anda mengekspos komputer Anda terhadap risiko potensial. Karena orang-orang cenderung tidak tinggal terlalu lama pada PC ketika mereka memiliki koneksi dial-up, kebanyakan tidak memperhatikan ancaman itu. Banyak pengguna yang mahir dalam hal keamanan, menginstal tidak hanya perangkat lunak antivirus tetapi juga firewall. Zone Alarm adalah favorit yang jelas jika HelpScreen adalah juri - sebagian besar karena gratis (ada versi Pro yang memiliki lebih banyak fitur, tetapi ini menimbulkan biaya) dan sangat efektif.

Pentingnya firewall ketika Anda terhubung ke layanan broadband tidak dapat cukup ditekankan. Tidak seperti dial-up, di mana pengguna dapat memutuskan koneksi Internet mereka dan kemudian secara tidak sengaja juga mengamankan PC mereka karena mereka sedang offline, pengguna broadband tidak memiliki kemewahan itu. Mereka terkena nasties Net terus menerus. Jadi ketika Anda tidak memonitor komputer Anda, mengapa tidak mendapatkan perangkat lunak untuk melakukannya untuk Anda. Terserah Anda apakah Anda ingin menggunakan Firewall gratis atau membayar untuk itu - sebagian besar vendor antivirus menawarkan semacam firewall. Tapi apa pun masalahnya, instal. Memiliki koneksi broadband tanpa Firewall adalah undangan untuk serangan keamanan.

Pertanyaan Lain untuk Ditanyakan kepada ISP

Apakah layanan ini tersedia di daerah saya?

Cara terbaik untuk memeriksa apakah layanan broadband tersedia di wilayah Anda adalah melalui situs Web ISP. Salah satu cara untuk melakukan ini, misalnya, adalah memasukkan nomor telepon atau kode pos Anda di fasilitas ISP di situs Web mereka yang akan memungkinkan Anda melihat apakah Anda dapat menerima layanan yang mereka pilih.

Untuk daftar lengkap penyedia broadband di dunia, lihat situs Web Pilihan broadband: www.Broadbandchoice.com.au.

Berapa biaya untuk menginstal?

Harga pemasangan akan tergantung pada serangkaian kondisi, termasuk apakah Anda memasang sendiri layanan atau memilih teknisi; berapa lama Anda mendaftar untuk rencana tersebut; modem apa yang Anda pilih (misalnya,
jika Anda memilih 1 atau 4 port modem ADSL, atau jika Anda membeli modem secara terpisah dari ISP) dan peralatan tambahan yang Anda butuhkan
(seperti kartu Ethernet, filter saluran telepon tambahan atau splitter).

Paket instalasi sendiri

Beberapa ISP broadband juga telah secara aktif mempromosikan paket ADSL instalasi sendiri, yang tidak hanya menyelamatkan pelanggan dari kerumitan menunggu teknisi profesional untuk keluar ke rumah mereka, tetapi juga mengurangi biaya pemasangan layanan ADSL.

Sebagai contoh, berbagai paket instalasi mandiri baru untuk layanan 1 dan 4 port ADSL tersedia, yang mengambil uang dari harga pemasangan layanan oleh seorang profesional. Penghematan ini didasarkan pada pelanggan yang memasang modem dan layanan sendiri. Pengguna akan dikenakan biaya tambahan untuk memasang layanan oleh teknisi. Harga lagi berdasarkan ISP-by-ISP, jadi periksa beberapa situs Web mereka untuk rincian lebih lanjut tentang biaya profesional versus biaya pemasangan sendiri.

Broadband ADSL dalam router ADSL kotak

Berbagai layanan ADSL kini telah diperkenalkan sebagai paket broadband yang tersedia dari rak pengecer. Sama seperti membeli telepon seluler prabayar, broadband ini dalam bundel kotak menyediakan pelanggan dengan pilihan modem yang disetujui, paket layanan, dan satu alamat IP tetap dan ditargetkan di rumah dan pengguna UKM. Jika Anda yakin dapat menginstal layanan sendiri, atau Anda memerlukan alamat IP statis, opsi ini mungkin bagus untuk Anda.
Berapa batas unduhan per bulan?

Sebagian besar layanan broadband sekarang dibatasi pada jumlah tertentu kapasitas unduhan per bulan, yang berarti Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk setiap kelebihan unduhan (biasanya sekitar 15 sen per megabyte). Namun, beberapa penyedia layanan menawarkan paket yang tidak terbuka yang tidak mengenakan biaya untuk penggunaan tambahan, tetapi malah mengurangi kecepatannya karena pengguna melebihi batas bulanannya. Ini layak untuk dilihat jika Anda berpikir Anda akan melampaui batas unduhan yang Anda tentukan.

Batas unduhan ditentukan oleh paket yang Anda daftarkan. Paket layanan ADSL dan kabel di ruang perumahan berkisar dari batas unduhan 300MB per bulan, hingga 10GB (dan tentu saja, semakin banyak bandwidth unduhan yang Anda butuhkan, semakin tinggi biaya penggunaan bulanan). Pastikan Anda memeriksa batasan ini dengan seksama sebelum berlangganan ke layanan.

Catatan: Beberapa ISP juga akan membebankan biaya untuk lalu lintas hulu. Jika Anda berencana untuk mengunggah banyak data ke Internet (menjalankan situs Web misalnya), Anda sebaiknya memeriksa apa kebijakan ISP mengenai mengunggah informasi sebelum Anda menandatangani di garis putus-putus.

Mengapa batas unduhan sangat tinggi?

Anda akan menemukan bahwa ketika Anda melebihi batas unduhan dan kemudian mulai membayar dengan megabyte biaya normal berkisar sekitar 15 sen - tetapi ini bervariasi dengan beberapa operator mengenakan biaya yang sedikit lebih tinggi. Alasan utama untuk ini adalah karena lalu lintas Internet yang paling di dunia diarahkan pada situs-situs AS. Masalahnya adalah biaya pengiriman informasi di bawah laut itu mahal. Jadi tarif tinggi yang dikenakan oleh operator kabel bawah laut ini kemudian diteruskan ke penyedia layanan broadband yang kemudian meneruskannya kepada pengguna.

Apa kebijakan penggunaan yang dapat diterima?

Dengan sebagian besar layanan Internet, pelanggan diharapkan menandatangani kontrak untuk mencakup penggunaan layanan ini. Saat mendaftar ke layanan broadband, ini dikenal sebagai kebijakan penggunaan yang dapat diterima. Dengan kata lain itu adalah kode etik.

Beberapa kondisi yang harus dipatuhi pelanggan ketika menandatangani kebijakan semacam itu adalah tidak secara sengaja menularkan virus komputer atau mengganggu jaringan, tindakan ilegal seperti mengakses sistem komputer orang lain atau mengirim email massal yang tidak diminta. Salinan kebijakan penggunaan ISP yang dapat diterima harus tersedia di situs web mereka.

Apa jaminan tingkat layanan (jika ada) yang Anda berikan dengan layanan ini?

Di ruang broadband perumahan, sangat sedikit ISP yang menyediakan jaminan tingkat layanan untuk layanan broadband ADSL mereka. Rencana bisnis akan cenderung menawarkan layanan yang lebih andal, dan menjamin tingkat kinerja tertentu dari jaringan. Jaminan ini akan sampai ke ISP. Sebagian besar peralatan yang disediakan oleh ISP akan ditanggung oleh garansi (yang panjangnya akan tergantung pada kontrak yang telah Anda daftarkan).

Apa jaminan tingkat layanan (jika ada) yang Anda berikan dengan layanan ini?

Di ruang broadband perumahan, sangat sedikit ISP yang menyediakan jaminan tingkat layanan untuk layanan broadband ADSL mereka. Rencana bisnis akan cenderung menawarkan layanan yang lebih andal, dan menjamin tingkat kinerja tertentu dari jaringan. Jaminan ini akan sampai ke ISP. Sebagian besar peralatan yang disediakan oleh ISP akan ditanggung oleh garansi (yang panjangnya akan tergantung pada kontrak yang telah Anda daftarkan).

Tingkat dukungan pelanggan apa yang saya terima?

Sekali lagi, ini akan tergantung pada masing-masing ISP, serta paket yang Anda pilih. Pelanggan bisnis dapat mengharapkan tingkat dukungan yang lebih tinggi daripada pengguna perumahan, tetapi mereka akan membayar lebih untuk hak istimewa.

Berapa lama untuk menginstal?

Untuk layanan DSL, ISP menyarankan akan memakan waktu sekitar 15 hari kerja untuk menyelesaikan seluruh proses instalasi (namun ini dapat berlangsung hingga empat minggu tergantung pada ketersediaan modem yang diperlukan, atau jumlah pelanggan dalam antrian yang akan dihubungkan ). Catatan: broadband dalam satu kotak pelanggan juga tunduk pada waktu tunggu ini. Pelanggan kabel di sisi lain dapat melompat ke layanan segera setelah diinstal.

Apakah saya mendapat diskon jika saya sudah memiliki akun ponsel?

ISP yang menawarkan layanan lain seperti Internet atau telepon sering memiliki penawaran khusus untuk pelanggan yang sudah ada yang ingin mendaftar ke broadband, jadi ada baiknya memeriksa ini untuk melihat seperti apa kesepakatan Anda berhak. Misalnya, pelanggan dapat menerima diskon pada biaya bulanan untuk layanan broadband jika mereka memiliki akun telepon atau TV kabel yang ada. ISP lain dapat mengabaikan biaya pemasangan layanan jika Anda sudah menjadi pelanggan dial-up.

Berapa lama paket layanannya?

Panjang paket layanan yang Anda pilih juga dapat mempengaruhi jumlah yang Anda bayarkan untuk pemasangan layanan. Secara umum, semakin lama kontrak, semakin murah biaya pemasangannya (perbedaan antara kontrak tiga bulan dan 18 bulan bisa lebih dari $ 100). Ingatlah, jika Anda ingin membatalkan layanan, ISP akan membebankan biaya pembatalan (ini biasanya dihitung berdasarkan proporsi bulan yang tersisa dalam kontrak - seperti tagihan ponsel).

Persyaratan sistem apa yang saya butuhkan?

- Persyaratan sistem ADSL

Untuk koneksi PC, Anda akan memerlukan prosesor Pentium 200MHz atau lebih tinggi, dengan sistem operasi Windows (dengan pengecualian sangat sedikit yang dapat mendukung Windows 95, Anda akan memerlukan Windows 98 S.E. atau lebih tinggi). Jumlah RAM yang Anda perlukan untuk menjalankan layanan akan tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan: misalnya, pengguna dengan Windows 98 akan membutuhkan RAM 16MB - 64MB, sedangkan pengguna Windows 2000 dan ME membutuhkan RAM 64MB. Semua pengguna juga membutuhkan ruang hard disk kosong antara 20MB - 150MB, serta port USB atau Ethernet (tergantung pada modem).

Pengguna Mac disarankan memiliki Power PC atau iMac, dan membutuhkan ruang hard disk kosong 20MB serta koneksi Ethernet. Pengguna Mac OS akan membutuhkan 12MB RAM, sementara pengguna Mac OSX akan membutuhkan 128MB RAM untuk mengakses layanan ADSL.

Pengguna Mac dan PC harus memiliki drive CDROM untuk perangkat lunak instalasi.

- Persyaratan sistem kabel

Persyaratan sistem untuk layanan kabel serupa, dan pengguna Windows akan membutuhkan sistem dengan spesifikasi RAM yang sama seperti yang disebutkan di atas. Layanan kabel akan membutuhkan ruang hard disk kosong 125MB - 150MB (walaupun beberapa pengguna Windows XP dengan paket kabel membutuhkan ruang hard disk bebas 500MCool. Semua modem kabel untuk Windows terhubung melalui PC Anda melalui slot PCI atau port USB, sehingga pengguna juga perlu memiliki port USB cadangan, sementara pengguna Macintosh harus memiliki koneksi Ethernet.

- Bisakah saya menggunakan Linux?

Penyedia kabel dan ADSL tidak secara resmi mendukung Linux, tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan layanan dengan sistem operasi ini.

Beberapa layanan kabel menggunakan DHCP untuk mengalokasikan alamat IP kepada pengguna. DHCP adalah protokol standar untuk mengalokasikan alamat IP pada jaringan Ethernet, dan telah digunakan dalam jaringan kantor kecil dan besar selama bertahun-tahun. Yang perlu Anda lakukan untuk mengalihkan layanan broadband ke komputer Linux Anda adalah mengonfigurasi klien DHCP UNIX dengan id DHCP yang benar. Anda juga perlu memastikan kartu jaringan Anda dipasang dengan benar untuk Linux.

Beberapa pengguna kabel perlu mengkonfigurasi mesin Linux mereka untuk protokol yang dibuat sendiri di rumah. Program-program ini menyediakan kontrol login pengguna / kata sandi, serta pemeriksaan jaringan biasa, tetapi dirancang untuk platform yang hanya didukung resmi - bukan Linux.

Walaupun Linux tidak secara resmi didukung oleh ISP yang menawarkan layanan ADSL, protokol PPPoE (lebih lanjut tentang ini di bawah) digunakan dalam teknologi ADSL untuk menghubungkan pengguna ke layanan yang didukung oleh Linux. Sekali lagi, ini hanya masalah mengkonfigurasi klien PPPoE agar sesuai dengan pengaturan Linux Anda.

Modem apa yang harus saya pilih? (ADSL) Modem ADSL 4-port

Modem ADSL eksternal tersedia dengan dua antarmuka jaringan: USB atau Ethernet. Modem yang sesuai dengan USB memungkinkan pengguna untuk menghubungkan modem ke PC mereka melalui port USB, sementara modem berbasis Ethernet terhubung melalui port Ethernet PC. (Catatan: pengguna juga akan memerlukan kartu jaringan untuk mendukung modem Ethernet).

Sementara pilihan modem Anda akan memengaruhi biaya pemasangan ADSL Anda, modem juga dapat memainkan peran yang sangat berpengaruh dalam keamanan koneksi berkecepatan tinggi Anda. Beberapa modem ADSL misalnya, menawarkan fitur tambahan, seperti firewall bawaan atau klien PPPoE.

Jika Anda akan membawa modem Anda sendiri, berhati-hatilah karena ISP tidak akan membiarkan Anda menggunakan modem lama apa pun; Anda harus membeli produk yang disetujui oleh ISP. Ini juga berarti bahwa modem Anda tidak akan ditanggung oleh garansi apa pun dari ISP. Selain itu, beberapa ISP tidak akan memungkinkan Anda untuk membawa modem Anda sendiri - Anda hanya akan bisa mendapatkan modem yang tersedia pada saat instalasi.

Hal lain yang harus diperhatikan konsumen adalah bahwa tidak semua ISP menawarkan modem dengan layanan mereka - dan dalam beberapa kasus, penggunaan modem didasarkan pada sewa. Ini berarti bahwa jika Anda ingin menghentikan layanan dengan satu ISP dan bergabung dengan yang lain sebelum kontrak Anda habis, Anda akan diharapkan untuk mengembalikan modem ke ISP asli Anda. Pastikan Anda memeriksa kondisi penggunaan modem sebelum mendaftar ke paket apa pun.

Sebelum kita meninggalkan titik ini, penting untuk menekankan pentingnya modem sebagai langkah keamanan. Jika memungkinkan, jangan berhemat pada modem. Keamanan adalah masalah besar dengan broadband (lihat Keamanan) dan jika Anda memasang modem dengan Firewall internal - dan ada banyak yang tersedia saat ini, Anda sangat mengurangi risiko terhadap informasi Anda dari dunia luar.

Setelah modem terhubung dan Anda memiliki konfirmasi dari ISP Anda bahwa layanan telah terhubung di ujungnya, instal perangkat lunak, masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda melalui klien PPPoE (lihat glosarium untuk detail lebih lanjut) dan Anda sedang online.

Klien PPPoE

PPPoE (Point-to-Point Protocol over Ethernet) adalah spesifikasi untuk menghubungkan beberapa pengguna komputer pada jaringan area lokal Ethernet ke situs jarak jauh melalui modem atau perangkat serupa. Klien ini digunakan oleh penyedia layanan ADSL untuk mengautentikasi pelanggan mereka di jaringan.

Selama pertukaran awal antara PC dan situs jarak jauh (atau ISP), klien PPPoE mempelajari alamat jaringan dan mengalokasikan alamat IP dinamis atau acak yang diberikan kepada pengguna setiap kali mereka mengautentikasi ke layanan broadband. Ketika sesi Internet berakhir, alamat IP itu kembali ke kolam dan dialokasikan untuk orang lain.
Karena klien PPPoE adalah program generik, pengguna tidak harus tetap dengan klien yang dikemas bersama layanan broadband mereka. Daftar klien PPPoE dapat diperoleh dengan melakukan pencarian Google. Beberapa klien PPPoE terdaftar di http://www.carricksolutions.com/pppoe.htm#38.

Tidak seperti koneksi dial-up, koneksi DSL dan modem kabel "selalu aktif". Karena sejumlah pengguna yang berbeda berbagi koneksi fisik yang sama ke penyedia layanan jarak jauh, metode diperlukan untuk melacak lalu lintas pengguna, termasuk pengguna mana yang harus ditagih. Setelah sesi dibuat antara pengguna individu dan ISP, sesi dapat dimonitor untuk tujuan penagihan.

Karena mirip dengan klien yang digunakan untuk dial-up, klien PPPoE terkena jumlah kerentanan yang sama untuk diserang.

evanernanda 30/04/2019 22:54:53 118 reads 0 ratings Print

Rating is available to Members only.
Please Login or Register to vote.
Awesome! (0)0 %
Very Good (0)0 %
Good (0)0 %
Average (0)0 %
Poor (0)0 %