Oh no! Where's the JavaScript?
Your Web browser does not have JavaScript enabled or does not support JavaScript. Please enable JavaScript on your Web browser to properly view this Web site, or upgrade to a Web browser that does support JavaScript.

News

Puluhan Pelajar Dibekali Ilmu Jurnalistik dan Fotografi

Puluhan Pelajar Dibekali Ilmu Jurnalistik dan Fotografi
Singkawang, MC - Puluhan pelajar utusan dari SMA, SMK dan MA Kota Singkawang mengikuti Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Komunikasi dan Informasi di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang pada Tanggal 11-12 September 2019.

Pelatihan tersebut menghadirkan dua narasumber, yaitu Leo Prima (Editor Tribun Pontianak) dan Frino bariarcianur (Arts Space Indonesia). Dalam pelatihan tersebut peserta mendapat materi mengenai fotografi jurnalistik dan juga reportase video.

Selain teori peserta juga berkesempatan praktek langsung untuk membuat sebuah fotografi dan video reportase. Hasil fotografi dan video reportasi peserta akan dievaluasi dan ditetapkan beberapa karya terbaik oleh narasumber.

Salah satu narasumber, Leo Prima mengatakan salah satu langkah strategis dalam mempromosikan suatu daerah adalah dengan membuat konten-konten menarik di media sosial dan media-media lainnya  dengan baik itu berupa foto, tuliusan ataupun video.

“Tujuannya untuk melakukan engagement terhadap pengguna media-media sosial di suatu daerah,” katanya.

Konten yang menarik, kata Leo pastinya juga membutuhkan kemampuan membuat caption, story telling maupun bentuk tulisan lainnya yang menarik juga.

“Bagaimana cara meningkatkan kemampuan tersebut? Salah satunya dengan mengikuti pelatihan seperti yang dilaksanakan hari ini,” ungkap Leo.

Ia berharap kepada para peserta, mampu memberikan informasi ataupun mengabarkan berita dari hasil sebuah foto. Baik mengenai Potensi Kota Singkawang, lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal. Sementara itu Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, Istri Handayani mengatakan setiap orang ingin mengetahui apa yang terjadi pada lingkungan sekitarnya, di kota, di negara, atau bahkan peristiwa yang terjadi di dunia. Misalnya tentang kenyataan sosial yang berkembang, isu-isu hangat yang diperbincangkan orang lain, atau opini orang yang sedang ramai dibicarakan, dan lain sebagainya.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan jurnalistik tersebut para peserta mendapatkan ilmu yang kelak bisa berguna di lingkungan kehidupan baik di lingkungan kita tinggal maupun dalam lingkungan pekerjaan baik sebagai pembisnis maupun lembaga pekerjaan lainnya,” katanya

Menurutnya, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari adanya sebuah kegiatan jurnalistik, misalnya kita bisa memperoleh berita atau informasi atas sebuah peristiwa atau kejadian yang terjadi setiap hari, kita bisa memperoleh pengetahuan yang mungkin tidak kita dapatkan di dalam ruangan belajar.

“Banyak orang sukses dimulai dari kemampuannya dalam menyampaikan informasi, salah satu contohnya Dahlan Iskan, beliau kesuksesannya dimulai dari bawah, karena ketekunan dan keuletannya maka beliau bisa sukses. Hal-hal tersebut yang diharapkan bisa dijadikan motivasi bagi adik-adik selaku peserta yang sudah diberi kesempatan oleh sekolahnya,” harap Istri.

MC. Kota Singkawang

News Gallery

Image #208

0 comments

Leave a Comment

CAPTCHA ImageRefresh Image
  • No Comments have been Posted.

Rating is available to Members only.
Please Login or Register to vote.
Awesome! (0)0 %
Very Good (0)0 %
Good (0)0 %
Average (0)0 %
Poor (0)0 %
User terakhir dilihat
21/10/2019 14:45:01
vhutrav...
14:45:51
offline
05/10/2019 23:38:26
evanern...
2 mingguan
offline
23/08/2019 11:14:12
fianzhaka
8 mingguan
offline
22/10/2019 05:30:52
rickois...
Offline
offline

Total Anggota: 4
Anggota terakhir: rickoiswanto
Tamu: 1