News

Show: Most Recent NewsMost Commented NewsTop Rated News

Pemkot Singkawang Gelar Upacara Hari Bela Negara dan HUT Korpri 2019

Pemkot Singkawang Gelar Upacara Hari Bela Negara dan HUT Korpri 2019

Singkawang, MC – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang menggelar upacara memperingati Hari Bela Negara dan Hari Ulang Tahun Korpri tahun 2019 di halaman kantor Wali Kota Singkawang, Kamis (19/12/2019).

 


Sekretaris Daerah (Sekda) Singkawang, Sumastro bertindak selaku inspektur upacara yang membacakan amanat Presiden Joko Widodo mengatakan dalam beberapa tahun yang lalu kita telah dan akan terus membangun segala infrastruktur yang diperlukan untuk kemajuan bangsa, mencetak lapangan kerja, mendorong peningkatan sumber daya pembangunan dan mereformasi birokrasi pemerintahan.

“Namun sekali lagi faktor yang paling utama tetaplah SDM yang unggul demi kemajuan Indonesia,” katanya.

Dalam amanatnya, Presiden mengatakan tanpa sikap dan perilaku bela Negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan seumber daya alamnya yang melimpah tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang dicita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa.

“Maka jelaslah bahwa penanaman nilai-nilai dasar bela Negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, agama, suku dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga Negara yang dijamin undang-undang,” ujarnya.

Pada tahun 2018 Presiden Joko Widodo telah mengintruksikan pelaksanaan rencana aksi nasional bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia.

“Melibatkan segenap jajaran kementerian/lembaga dan pemerintah daerah serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujuda aspirasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia,” katanya.

Aksi nasional bela Negara juga melengkapi keahlian SDM dengan pengamalan nilai-nilai bela Negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi Negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan Negara.

“Serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara berdaulat, adil dan makmur,” ungkapnya.

Pada upacara tersebut juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Korpri ke 48 tahun 2019.

Dalam amanat Presiden yang dibacakan Sekda mengajak seluruh anggota Korpri yang tersebar di seluruh Indonesia menjadi garda terdepan dalam merajut persatuan, menjaga tali persaudaraan sebagai satu saudara sebangsa dan setanh air.

Negara kita adalah negara besar. Negara dengan 17 ribu pulau dengan agama, suku, budaya dan bahasa daerah yang beragam dan negara yang berbhineka tunggal ika. “Keberagaman ini adalah kekuatan kita, kemajemukan adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia, yang harus kita jaga dan rawat bersama –sama,” katanya.

Dengan demikian bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Yang belajar dan mengajar teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan.

“Yang mengabarkan berita, teruslah menjadi penerang informasi masyarakat yang jujur, berimbang dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Ia mengajak kepada seluruh anggota Korpri untuk mengambil jalan perubahan, melakukan reformasi secara berkelanjutan. “Tidak ada lagi pola piker lama. Tidak ada lagi kerja linear. Dan tidak ada lagi kerja rutinitas. Birokrasi harus berubah, kita harus membangun nilai baru dalam bekerja, cepat beradaptasi dengan perubahan,” katanya.

MC. Kota Singkawang

 


News Gallery

Image #309
vhutravanjava 19/12/2019 10:26:52 104 0 comments 0 out of 0 ratings

0 comments

Leave a Comment

CAPTCHA ImageRefresh Image
  • No Comments have been Posted.

Rating is available to Members only.
Please Login or Register to vote.
Awesome! (0)0 %
Very Good (0)0 %
Good (0)0 %
Average (0)0 %
Poor (0)0 %
Latest Videos