x

Pemkot Gelar Workshop PPBJ Bagi Pejabat Pengadaan

ppbj.jpeg.jpg

10 Feb 2019 5 min to read

Pemkot Gelar Workshop PPBJ Bagi Pejabat Pengadaan

Category : Berita MC

Pemerintah Kota Singkawang menggelar Workshop penguatan kapasitas pengelola pengadaan barang/jasa pemerintah (PPBJ) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang, Jumat (8/2/2019).

Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang menggelar Workshop penguatan kapasitas pengelola pengadaan barang/jasa pemerintah (PPBJ) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang, Jumat (8/2/2019).

Penguatan Kapasitas PPBJ sesuai dengan Perpres Nomor 16 tahun 2018 ini diikuti oleh Pejabat Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pemeriksa di lingkungan Pemkot Singkawang, PDAM Gunung Poteng, perwakilan Kabupaten Sambas, Bengkayang dan Sambas.

Workshop ini dihadiri Forkopimda Kota Singkawang dengan narasumber Nasional yang memiliki spesialisasi procurement, Khalid Mustafa.

Sekda Sumastro dalam laporannya mengatakan Unit Layanan Pengadaan (ULP) yang bermetamorfosis menjadi Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) bertujuan agar pelaku pengadaan barang/jasa pemerintah dapat menyatukan persepsi, menyeragamkan langkah-langkah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Serta, memahami kebijakan dan mendapatkan gambaran tentang proses pengadaan. “Pejabat pengadaan harus bisa melihat manajemen risiko dengan memetakan konsukuensinya,” katanya.

Ia berharap jika ada hal-hal yang memiliki tingkat risiko tinggi dapat dibahas dengan Inspektorat dan bisa berkonsultasi dengan TP4D (Tim Pembentukan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan).

Sementara itu, Wakil Wali Kota Singkawang Irwan mengatakan tantangan persaingan dan perkembangan ilmu dan teknologi serta mencapai efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan tugas pemerintah, tidak ada alternatif lain kecuali dengan peningkatan kualitas profesionalisme aparatur pemerintah yang memiliki keunggulan kompetitif.

"Dan memegang teguh etika birokrasi dalam pelayanan yang sesuai dengan kepuasan dan keinginan masyarakat. Menjadi perhatian kita bersama etika birokrasi, etika publik dengan membangun sistem dalam tata kelola birokrasi,” kata Irwan

Irwan juga meminta semua kepala OPD Kota Singkawang memperhatikan penuh dalam pengadaan barang/jasa. Kepala OPD harus menjadi teladan dengan komitmen bersama. Selain itu, Ia berharap UKPBJ di Kota Singkawang dipertimbangkan grade eselonnya bisa naik.

(Media Center Singkawang/Hum)

News Categories

     

a

Newsletter subscribe