x

Ribuan Petugas Ikuti Bimtek Pengamanan TPS

IMG-20190413-WA0014.jpg

13 Apr 2019 5 min to read

Ribuan Petugas Ikuti Bimtek Pengamanan TPS

Category : Berita MC

Polres Singkawang melaksanakan bimbingan teknis bagi petugas ketertiban Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau pam TPS di stadion kridasana, Kamis (11/4/2019).

Singkawang, MC - Polres Singkawang melaksanakan bimbingan teknis bagi petugas ketertiban Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau pam TPS di stadion kridasana, Kamis (11/4/2019).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Walikota Singkawang, Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Satpol PP dan pera peserta.

Kapolres Singkawang, AKBP Raymond Masengi mengatakan bimbingan ini diberikan agar pengamanan oleh petugas TPS dapat berlangsung mengingat kepolisian tidak punya wewenang untuk masuk kedalam lokasi TPS terkecuali ada gangguan yang kemudian mendapatkan permintaan dari ketua panitia pemungutan suara. 

“Ini hasil dari diskusi kita bersama KPU, Bawaslu, Kodim dan lainnya, terkait bagaimana menjaga keamanan selama pelaksanaan proses pemilu, terutama dari hal-hal yang menjurus kepada gangguan hingga pelanggaran pemilu dan pidana,” katanya 

Meski demikian, AKBP Raymond meyakini pemilu di Singkawang akan berlangsung aman, kegiatan ini dapat dikatakan sebagai bentuk antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan kedepan.
 
Di bimtek ini juga disimulasikan warga yang marah-marah dan kemudian mengoyak kertas suara. Warga tersebut juga membuat keributan. Kapolres Singkawang kemudian memberikan bimbingan singkat kepada tenaga pengaman TPS terkait tatacara membawa oknum tersebut secara aman dan tidak melukai pam TPS maupun oknum tersebut. 

lebih dari 1000 tenaga pengaman tps dari warga tersebut mengikuti kegiatan ini. 

Sementara Ketua KPU Kota Singkawang, Riko mengapresiasi kegiatan Bimtek ini, menurutnya kepolisian dan aparat lainnya tidak memiliki wewenang untuk masuk kedalam TPS.

"Terkecuali ada kejadian khusus berupa gangguan keamanan yang membuat KPPS harus meminta tenaga kepolisian untuk masuk kedalam lokasi TPS," ujarnya. 

Sepanjang PAM TPS dapat menyelesaikannya, kepolisian tetap berada diluar area TPS. “Agar ketertiban dan keamanan TPS dapat berlangsung baik, serta menyamakan persepsi agar gangguan-gangguan dapat terselesaikan dengan baik,” katanya.

(Media Center Singkawang)

News Categories

     

a

Newsletter subscribe